Identifikasi Daerah Terjadinya Kecelakaan Lalu Lintas Kota Padang Tahun 2017 Dengan Cluster Analysis

Penulis

  • Andri Oktavihendri Institut Teknologi Padang
  • Dwi Arini Institut Teknologi Padang

Kata Kunci:

Kota Padang, Kecelakaan Lalu Lintas, Sistem Informasi Geografis, Cluster Analysis

Abstrak

Angka kecelakaan lalu lintas di Kota Padang masih sangat tinggi sehingga membutuhkan penanganan yang serius. Kecelakaan terjadi di berbagai tempat dengan waktu kejadian yang berbeda, hal ini menyebabkan sulit untuk menentukan daerah mana yang sering terjadi kecelakaan lalu lintas. Informasi mengenai daerah yang sering terjadi kecelakaan sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan aparat penegak hukum. Informasi tersebut dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk pengawasan maupun tindakan antisipasi
khususnya bagi kepolisian. Pada penelitian ini dibuat suatu Sistem Informasi Geografis untuk melakukan identifikasi terhadap daerah yang sering terjadi kecelakaan di wilayah Kota Padang. Identifikasi dilakukan dengan metode cluster analysis menggunakan kernel density yang dilakukan pengelompokan untuk menentukan daerah terjadinya kecelakaan. Hasil yang didapatkan untuk daerah yang sering terjadi kecelakaan yaitu di pusat kota, diantaranya Jalan Adinegoro, Jalan By. Pass Km +11 sampai Km +15 Kec. Koto Tangah dengan total 24 kejadian, kemudian Jalan Jend. Sudirman, Jalan Simpang Jam RIA dan Jalan Samudera Kec. Padang Barat dengan total 44 kejadian dan sepanjang Jalan By. Pass Kec. Kuranji dengan total 24 kejadian. Sedangkan wilayah kecamatan di bagian selatan dan timur Kota Padang relatif cukup aman dari kecelakaan lalu lintas.

Referensi

Abubakar, I. (1996). Menuju Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang Tertib. Jakarta. Direktorat Jendral

Perhubungan Darat.

Hirota, K., & Pedrycz, W. (1995). D-fuzzy clustering. 2–3.

Juhendra et al, M. (2015). Analisis Daerah Rawan Kecelakaan. The 18th FSTPT International Symposium,

–30.

Kumar, S., & Toshniwal, D. (2015). A data mining framework to analyze road accident data. In Journal of Big

Data (Vol. 2, Issue 1). https://doi.org/10.1186/s40537-015-0035-y

Lufiana, A. (2018). Analisis Lokasi Titik Rawan Kecelakaan Lalu Lintas (Blackspot) di Kota Surakarta Tahun

Nanda Dewi Arumsari, Arief Laila Nugraha, M. A. (2016). PEMODELAN DAERAH RAWAN

KECELAKAAN DENGAN MENGGUNAKAN CLUSTER ANALYSIS (Studi Kasus: Kabupaten

Boyolali). Jurnal Geodesi Undip, 5(1), 174–183.

Rachmatin, D. (2014). Aplikasi Metode-Metode Agglomerative Dalam Analisis Klaster Pada Data Tingkat

Polusi Udara. Infinity Journal, 3(2), 133. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i2.59

Ramadhani, H. (2009). Ramadhani, H. 2009. Pemetaan Arean Rawan Kecelakaan Lali Lintas di Kota

Yogyakarta. Yogyakarta: Jurusan Teknik Sipil UII. 2009.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-23

Cara Mengutip

Identifikasi Daerah Terjadinya Kecelakaan Lalu Lintas Kota Padang Tahun 2017 Dengan Cluster Analysis. (2022). Jurnal Geomatika Dan Ilmu Alam, 1(1), 6-15. https://jgia.itp.ac.id/index.php/jgia/article/view/6